Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Akun Facebook yang Dibajak Orang Lain

Kepopuleran sebuah media sosial seperti facebook ini menjadikan banyak modus dan berbagai macam cara untuk melakukan kejahatan. Seperti pembajakan akun facebook oleh orang lain, mencurian data pribadi, mengkloning akun facebook orang lain, sarana penipuan dan berbagai model kejahatan yang lainnya. Yang sangat disayangkan ketika sebuah situs telah menjadi besar malah keamananya justru kurang karena ada saja cara yang dilakukan untuk tindak kejahatan. Tidak heran kalau belakangan ini di sekitar kita sering menjumpai sebuah akun facebook yang dibajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nah setelah melihat teman kita terkena pembajakan akun facebook setidaknya kita diperingatkan untuk lebih berhati-hati lagi dalam mengelolanya. Jangan transparan memberikan data pribadi Anda secara lengkap pada media sosial karena bisa dilirik para hacker untuk keuntungan mereka atau hanya iseng belaka. Apalagi sekarang media sosial ramainya seperti ada di kehidupan nyata tanpa ada batas, padahal kita dan orang lain yang berada di facebook saling berjauhan. Terus apa yang harus saya lakukan ketika akun facebook telah dibajak oleh orang lain?

Yang saya merasa kasihan adalah ketika mereka yang baru belajar membuat facebook. Mereka memiliki facebook karena dibuatkan oleh orang lain, karena masih baru dan belum tahu pentinggnya kata sandi facebook, merekapun membiarkan orang yang membuatkan akun facebook mengetahuinya. Jadi mudah sekali sebuah akun facebook kena bajak. Selain itu biasanya seorang pengguna facebook baru akan mudah ngasih tahu apa sandi mereka ketika ditanya apa nama kata sandi facebook kamu? Mereka pun menjawab... dan biasanya kata sandi facebooknya menggunakan nama mereka sendiri.

Mengatasi Akun Facebook yang Dibajak
Terus apa yang harus kita lakukan ketika mengetahui bahwa akun facebook kita telah dibajak oleh orang lain. Apakah cukup berdiam diri, dan membiarkan akun kita dibajak atau bagaimana? Tentu tidak seperti itu karena bagaimanapun hal tersebut juga menyangkut nama baik sebuah akun facebook milik kita, kita harus melakukan beberapa tindakan berikut ini segara mungkin.


1. Menginformasikan pada teman kalau facebook Anda dibajak
Sosial media itu tidah hanya facebook saja, jadi yang Anda lakukan adalah menginformasikan tentang nasib facebook yang Anda miliki melalui sosial media lain seperti Twitter, WhatsApp, BBM, line dan lainnya yang dipunyai. Karena Anda tidak bisa membuaka akun facebook lagi segeralah beritahu pada teman terutama, kalau yang membuat status dan sebagainya bukan Anda. Anda bisa lihat dulu aktivitas apa yang dilakukan pada akun facebook Anda melalui facebook taman atau orang lain dengan meminjam dulu.

2. Mengetahui Email atau Nomor Telepon
Berikutnya Anda ingat kembali informasi yang telah dicantumkan pada akun facebook ada Email dan nomor telepon yang biasa Anda dunakan untuk membuka facebook. Yang pertama pastikan dari kedua atau salah satu antara email dan nomor telepon masih bisa Anda akses artinya nomor telepon tersebut masih aktif dan email belum lupa kata sandinya. Kemudian yang harus dilakukan adalah melakukan tindakan lupa kata sandi sebelum login facebook, untuk lebih jelasnya bisa dibaca dengan cari cara mengatasi lupa kata sandi facebook melalui pencarian blog ini.

3. Buat Akun Facebook Baru
Kalau cara ke dua tadi ternyata sudah tidak bisa, artinya sudah keburu si pembajak menghapus informasi pribadi Anda.  Mau tidak mau kalau masih ingin menggunakan facebook ya harus buat akun lagi yang baru. Kemudian cari teman-teman facebook dari nol lagi, tentu sangat membosankan. Dan jangan lupa setelah akun facebook baru Anda jadi untuk postingkan sebuah status kalau akun lama telah dibajak orang supaya teman yang dekat dengan kita lebih yakin kalau itu benar. Lakukan juga blokir akun facebook yang telah dibajak melalui akun Anda yang baru.

Oleh karena itu setelah memperoleh pengalaman akun facebook kena bajak, sebaiknya gunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak. Seperti dengan menggabungkan huruf dan angka pada kata sandi akan sulit diketahui oleh orang lain. Jadi kalau buat akun facebook baru seperti itu pembuatan kata sandinya dan kalau merasa sudah tidak aman lagi bisa langsung merubah kata sandi segera mungkin.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Akun Facebook yang Dibajak Orang Lain"