Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Akun Facebook Terkena Malware dan Cara Mengatasinya

Belakangan ini banyak sekali akun facebook yang terkana malware atau virus yang berdampak buruk pada nama baik akun facebook kita. Hal ini dikarenakan munculnya kabar berita yang menggambarkan sebuah konten dewasa baik di suatu group sampai pada dinding akun facebook seseorang. Kenapa akun kita bisa terkena malware yaitu ketika kita mengklik sebuah kiriman yang tidak jelas baik disengaja maupun tidak. Dampaknyapun tidak pada akun kita saja, bisa merembet pada semua teman facebook.

Tidak sampai disitu saja kalau akun facebook kita sudah terlanjur terkena malware, virus atau spam. Ini juga menyebabkan perangkat yang kita gunakan saat itu, misalkan kita menggunakan melalui komputer maka bisa terserang virus juga perangkat komputer kita. Apalagi perangkat komputer kita belum diinstal sebuah anti virus, dan akhirnya akan mudah mengalami kerusakan. Namun yang lebih menghawatirkan lagi kalu sampai virus tersebut membobol data informasi pribadi milik kita.

Apakah kamu tahu bahwa Malware merupakan perangkat lunak jahat yang dirancang untuk melakukan tindakan yang tidak dikehendaki atas nama Anda. Kalau di komputer kita terdapat malware, malware itu dapat digunakan untuk sebuah kontrol keamanan Facebook dan mengambil alih akun kita. Perangkat lunak ini dapat mengumpulkan informasi dari akun kita, mengirim status atau pesan yang seolah berasal dari kita kepada orang lain, atau memenuhi akun kita dengan iklan yang dapat merusak komputer kedepannya.
Akun Facebook Terkena Malware

Terus apa saja ciri dari akun facebook yang terkena malware dan bagaimana cara menyelesaikannya,

1. Sering terlihat kabar berita yang berbau dewasa setiap hari
Hal ini bukan berarti akun facebook kita sudah terkena malware, namun ini sebuah pertanda kalau akun kita sudah mulai rawan dengan adanya virus yang datang. Untuk itu yang harus kita lakukan adalah dengan menyembunyikan kiriman atau blokir kiriman yang mengganggu dari orang yang bersangkutan.

2. Akun facebook kita dimasukkan ke sebuah Group yang tidak jelas
Saya pernah mengalami seperti ini dan yang memasukkan bukan orang lain namun teman fecebook sendiri, kemudian saya tanyakan kenapa saya dimasukkan pada group yang tidak jelas itu. Kemudian teman saya menjawab bahwa dia tidak pernah melakukannya malah dia juga sering dimasukkan katanya.
Cirinya group di facebook yang berisi kabar tidak jelas alias sampah akan memiliki jumlah anggota yang banyak dan admin atau pengelolanya biasanya orang asing semua. Kalau sudah seperti itu maka kita harus segera keluar dari sebuah group di facebook tersebut secepatnya dan kalu perlu blokir saja pengelola group tersebut.

3. Tidak bisa melakukan posting pada group facebook yang kita kenali
Kalau kita tidak bisa melakukan posting pada suatu group yang kita kenali misalkan group jual beli handpone atau grop komunitas pelajar, itu kan sudah jelas kita mengenalinya dan bukan group sampah. Namun kalau Anda tetap tidak bisa posting pada group tersebut itu tandanya akun facebook terkena malware dan kalau kita mencoba mengeposkan akan ada peringatan “bahwa komputer Anda terkena virus atau malware”. Jadi kesalahannya adalah kita telah klik sebuah kiriman yang berbau dewasa pada group facebook. Memang kadang kita tidak tahu kalau pengebaran berita konten dewasa itu tidak hanya pada group sampah saja, pada group yang kita kenali pun bisa beredar sebuah malware atau virus.

4. Hapus aplikasi facebook yang tidak dikenali atau mencurigakan
Kalau ada sebuah aplikasi yang tidak pernah Anda kenal tiba-tiba muncul pada akun facebook sebaiknya hapus saja. Karena bisa saja aplikasi mencurigakan tersebut mengandung malware yang berbahaya. Aplikasi akan terinstall ketika kita ingin menggunakan sebuah akun lain melalui facebook, seperti Hootsuite bisa dibuka dengan memakai akun facebook. Kita hanya perlu menghapus aplikasi yang tidak dikenali, kalau aplikasi yang kita ketahui menurut saya tidak harus dihapus juga nanti malah harus install ulang. Cara menghapus aplikasi dengan buka menu Pengaturan > Aplikasi > Hapus Aplikasi yang tidak diketahui.
Akun Facebook Terkena Malware

5. Hapus ekstensi browser yang mencurigakan
Untuk pengguna firefox bisa langsung tekan Ctrl+Shift+A, lalu pilih ekstensi/pengaya yang mencurigakan untuk kita hapus.

6. Terakhir ubah kata sandi akun facebook Anda

Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan akun facebook Anda karena itu juga menyangkun nama baik anda juga. Karena kalau hal seperti itu tetap dibiarkan begitu saja nanti bisa dikira teman kalau Anda yang yang membuat dan menyebarkan virus. Seperti yang suka melakukan bom like dengan tujuan mendapatkan like balik dari orang lain, bisa saja kita salah klik yang harusnya like malah klik konten negatif di facebook. Menurut saya si lebih baik gunakan akun facebook yang wajar saja jangan berlebihan, status tidak ada yang like anggap santai saja.

4 komentar untuk "Ciri Akun Facebook Terkena Malware dan Cara Mengatasinya"

  1. Informasi yang bermanfaat, mengingatkan sekarang ini untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan facebook

    BalasHapus
  2. thanks gan informasinya.Untuk yg mau order mobil Daihatsu Sigra hub
    http://daihatsucikarangmobil.com/daihatsu-bekasi/
    http://stefanusdaihatsu.com/tips-daihatsu-surabaya/

    BalasHapus