Cara Membuat Favicon Blog Sendiri Melalui Online

Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah gambar icon kecil biasanya berukuran 16x16 yang muncul pada address bar suatu website. Kita juga bisa sebut favicon sebagai shorcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon.

Untuk membuat favicon yang akan dipakai pada suatu blog di blogger, Anda bisa merancangnya secara manual melalui software separti photoshop. Tetapi untuk Anda yang malas membuatnya secara manual yang sedikit ribet. Kita bisa membuat favicon blog sendiri dengan mudah melalui penyedia favicon generator atau online.

Caranya yang mudah dan berbagai macam cara telah disediakan. Ada yang harus mempersiapkan sebuah gambar terlebih dahulu dan nantinya akan diperkecil melalui situs online. Setelah itu gambar siap dipakai buat diterapkan pada favicon blog. Penyedia favicon generator yang dimaksud adalah http://www.favicon.co.uk/.

Setelah Anda masuk situs tersebut pastikan sudah menyediakan sebuah gambar pilihan yang ingin dijadikan favicon. Caranya buka file gambar yang sudah disiapkan dengan klik Browse... lalu temukan filenya, setelah itu tentukan ukuran yang diinginkan kemudian klik 'Generate Favicon'.

Membuat Favicon Blog

Kalau sudah, tinggal dapatkan gambar favicon yang sudah jadi dengan download dan simpan.


Selain itu ada satu lagi yang saya ketahui situs yang menyediakan favicon generator online. Yang satu ini tidak hanya membuat, namun menyediakan berbagi pilihan favicon yang siap digunakan. Bahkan Anda juga bisa edit gambarnya dengan pilihan warna sesuka kita. Tidak sampai disitu saja, pada situs ini  kita bisa membuat favicon baru dimana huruf, warna dan ukuran Anda yang menentukan.

1. Buka situs dengan alamat http://www.favicon-generator.org/ ,banyak para blogger yang membuat favicon mereka melalui situs tersebut.

3. Untuk menggunakan favicon yang sudah ada, Anda bisa pilih salah satu huruf sesuai huruf awal judul blog yang Anda miliki. Misalkan saya pilih huruf M dan akan ada banyak kategori favicon yang berawalan M.

Membuat Favicon Blog

4. Selanjutnya pilih salah satu dengan klik Download pada gambar. Tapi kalau mau dimodif lagi maka pilih Edit.

5. Pada menu Edit, kalau gambarnya sudah sesuai dan langsung mau diambil langsung saja klik 'Kreate Favicon', namun kalau masih ada yang kurang silahkan diedit lagi. Sedangkan jika ingin membuat gambar favicon yang baru dengan cara Anda menentukan sendiri klik 'Reset Editor'.

6. Download dan simpan.

Walaupun hasilnya tidak sebagus pembuatan favicon melalui photoshop tapi sudah lumayan kelihatan keren dan profesional. Nah kalau tadi Anda sudah membuat gambar favicon, sekarang saatnya mengganti favicon blog di blogger.

0 Response to "Cara Membuat Favicon Blog Sendiri Melalui Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel