Cara Melindungi Konten Blog dari Tindakan Kloning

Pengertian kloning sendiri dalam ilmu biologi yang diambil dari wikipedia, bahwa kloning merupakan proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik.

Kalau dalam dunia blog yang akan kita bahas saat ini kloning blog adalah tindakan menggandakan konten, posting atau artikel blog yang melanggar etika. Dikatakan melanggar etika karena proses ini berbeda dengan copy paste yang membutuhkan waktu yang lama. Kloning biasanya dilakukan oleh seorang yang menggunakan tehnik blackhat yang bertujuan untuk menghasilkan penghasilan yang besar tanpa susah payah.

Biasanya blog yang terkena kloning adalah blog baru yang sudah pendapatkan peringkat SEO yang lumayan bagus akan menjadi incarannya. Bahkan kadang tidak cuma isi dan jumlah konten atau artikelnya saja yang sama namun template bisa saja sama persis. Hal ini yang perlu kita waspadai sebagai blogger pemula supaya tidak macet di tengah jalan. Seorang kloning akan mendapatkan ratusan artikel blog lain dengan waktu yang begitu singkat karena prosesnya dengan memanfaatkan full feed dan kemudian didownload feed tersebut dengan format .xml yang kemudian diimport ke blog baru. Sangat jauh berbeda dengan aktivitas copas yang prosesnya lebih lama.

Berikut cara melindungi blog kita agat tidak bisa dikloning lagi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Anda login / masuk ke akun blogger.com
2. Masuk ke menu Pengaturan (setting) kemudian pilih Lainnya (other)

3. Maka selanjutnya akan tampil Izinkan Umpan Feed (site feed), Anda lihat bagian Posting URL Pengubahan Arah Feed (allow blog feed) kemudian atur dengan pilih Singkat (short). Biasanya sebelum diatur pada pengaturan umpan feed ini pilihannya penuh (full) dan supaya kita membatasinya maka diatur ulang dengan pilihan singkat guna melindungi konten blog.

Melindungi Konten Blog

4. Simpan/save pengaturan

Untuk melihat hasilnya, silahkan Anda copy url di bawah ini lalu paste ke address bar pada browser
http://www.alamat-blog.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Ganti http://www.alamat-blog.com dengan alamat blog kalian. Jika hasilnya seperti gambar berikut, itu tandanya berhasil.

Melindungi Konten Blog

Sekian untuk cara melindungi konten blog dari tindakan kloning supaya bisa menambah pengalaman dan wawasan kita dalam dunia persaingan blog yang sesungguhnya.

0 Response to "Cara Melindungi Konten Blog dari Tindakan Kloning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel