Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Alamat Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

Google menjalankan perubahan alamat hosted blogspot.co.id menjadi blogspot.com sejak bulan september 2015. Sebenarnya bukan itu maksudnya, tapi lebih tepatnya pengalihan domain khusus tersebut mengikuti negara dimana alamat blogspot tersebut diakses. Misalkan blogspot yang diakses di negara India maka alamatnya akan berubah menjadi blogspot.in, begitu juga negara lainnya semua berbeda. Namun perubahan ini hanya untuk situs hosted blogger saja, tidak berpengaruh pada TLD (Top Level Domain).

Apa Alasannya Google Merubah Alamat URL pada Petiap Negara?
Alasan Google merubah alamat url untuk setiap negara salah satunya adalah dengan adanya perubahan alamat url, supaya hal ini menyesuaikan visi Google dalam mendukung kewenangan berpendapat setiap situs serta aturan mengenai konten-konten kontraversial.

Contohnya, ketika pemerintah Indonesia meminta Google supaya menghapus konten kontraversial yang melanggar hukum suatu negara Indonesia misalkan. Konten yang masuk dalam permohonan pemerintah Indonesia untuk dihapus maka konten tersebut tidak bisa diakses lagi di Indonesia. Akan tetapi konten tersebut masih bisa diakses oleh negara lain.

Apakah Perubahan ini Berpengaruh Terhadap SEO?
Menurut beberapa Blogger terkenal Inonesia, bahwa perubahan alamat url ini berpengaruh terhadap SEO. Bahwa dengan perubahan ini pengunjung situs Anda akan langsung diarahkan ke alamat url baru tergantung pengunjung dari mana negaranya, namun kalau blog Anda dibuka oleh pengunjung AS situs anda tetap blogspot.com karena sebagai negara pusat Blogger.

Terkait dari perubahan ini, dari segi tampilan situs dan konten Anda tidak ada perubahan yang terjadi. Jadi setelah perubahan url ini, tampilan dan konten blog yang Anda punya akan tetap sama seperti sebelum adanya perubahan. Adapun pengaruhnya terhadap SEO adalah
  • Rangking Alexa blog akan turun
  • Iklan Adsense Google tidak tampil lagi
Tetapi tenang saja karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah, yaitu dengan menjadikan alamat blog kembali ke blogspot.com maka Alexa blog kita akan kembali membaik dan GA akan tampil kembali.


Berikut ini Cara Merubah Alamat Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com yang bisa Anda simak.
Untuk mengembalikan alamat menjadi blogspot.com kembali, Anda hanya perlu menambahkan kode HTML pada template blog anda. Berikut caranya bisa Anda ikuti sampai berhasil.
1. Masuk / Log In ke akun Blogger.com
2. Pilih blog yang ingin Anda ubah url nya
3. Klik menu utama dan pilih Template
Cara Merubah Alamat Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

4. Pilih Edit HTML
5. Cari kode </head> , untuk cepatnya gunakan pencarian Ctrl+F untuk mencari </head> pada template.
Cara Merubah Alamat Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

Berikutnya silahkan Anda copy kode di bawah ini, dan letakkan kodenya tepat di atas </head>
<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>
Jangan lupa simpan templatenya lalu Anda lihat hasilnya apakah url blog yang dimaksud sudah berubah menjadi blogspot.com atau belum. Kalo penerapan kodenya sudah benar pasti berhasil, karena saya juga memakai cara tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Alamat Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com"